Cara Membuat Roti Tawar Empuk dan Lembut

Cara Membuat Roti Tawar Empuk dan Lembut – Apakah menu sarapan yang biasanya disajikan di meja makan anda? Nasi goreng, mie goreng atau nasi uduk?  Semua makanan tersebut tentu sangat nikmat dna memang menjadi menu yang akrab menyapa kita di pagi hari.  Tetapi jika ternyata anda sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri atau membelinya di luar rumah.  Hal yang paling praktis untuk anda lakukan adalah dengan menyantap roti tawar.

Roti tawar sebagai menu sarapan biasanya ditambahkan dengan berbagai macam toping seperti selai buah, selai coklat, meises, mentega tawar atau dengan irisan telur serta mayoneis.  Tapi pernahkah terfikirkan untuk membuat roti tawar sendiri? Bagi anda yang penasaran, kami sudah membagikan resep sekaligus Cara Membuat Roti Tawar yang empuk dan tentu saja sangat pas menemani anda dalam memulai aktivitas.  Yuk silahkan coba praktikan resepnya sekarang juga.

7-cara-membuat-roti-tawar

Bahan yang dibutuhkan :

  • Tepung terigu berprotein tinggi sebanyak 500 gram
  • Susu bubuk full cream sebanyak 2 sdm
  • Telur ayam sebanyak 1 butir
  • Mentega putih sebanyak 3 sdm
  • Air dingin atau air es sebanyak 200 ml
  • Gula pasir sebanyak 5 sdn
  • Ragi instan sebanyak 1 sdm
  • Garam halus sebanyak 1 sdt

Cara membuat roti tawar :

  1. Pertama siapkan dahulu wadah bersih dan kemudian masukan bahan-bahan kering seperti tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, garam dan ragi instan. Aduk-aduk semua bahan agar menyatu dengan sempurna.
  2. Tuangkan air es sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil diuleni terus agar adonan menjadi kalis dan elastis.
  3. Tambahkan juga ke dalam adonan mentega putih dan uleni kembali terus sampai adonan halus.
  4. Ambil adonan kemudian bulatkan menyerupai bola. Kemudian istirahatkan adonan selama 30 menit dan tutup dengan serbet bersih yang lembab agar adonan bisa mengembang dengan sempurna.
  5. Jika sudah, kempiskan adonan dan uleni sebentar.
  6. Siapkan loyang roti tawar dan olesi bagian dalam permukaan loyang dengan mentega. Jangan lupa juga untuk memanaskan loyang pada suhu 180 derajat celcius selama 10 menit.
  7. Masukan adonan ke dalam loyang dan istirahatkan kembali selama lebih kurang 30 sampai 40 menit.
  8. Panggang adonan roti tawar tadi sampai matang kurang lebih selama 20 menit.  Angkat, biarkan dingin dan potong roti tawar untuk disantap bersama selai atau susu.

Dalam membuat roti, salah satu unsur yang wajib anda perhatikan adalah penggunaan tepung terigu harus yang memiliki protein tinggi agar roti bisa mengembang dengan sempurna.  Coba cek juga apakah ragi yang anda gunakan masih baru atau tidak.  Ragi yang sudah mati tidak akan aktif dan justru akan membuat kue menjadi bantat dan pahit.

Cara Membuat Roti Tawar Empuk dan Lembut | Syella Zaneta Poetri | 4.5